Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Pembengkakan pada anggota tubuh seperti kaki, betis, tangan pada wanita hamil di sebut dengan istilah Preeklampsia dalam dunia kedokteran. Penyakit ini terjadi karena tingginya tekanan darah (hipertensi) dan kadar protein pada wanita hamil.
Kaki Bengkak Saat Hamil
Pada Ibu Hamil yang terkena penyakit Pre-eklampsia maka akan menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah, dan membuat berat badan naik secara mendadak hanya dalam kurun waktu yang singkat yaitu satu atau dua hari. Bahkan para penderita pre-eklampsia yang parah akan sering buang air kecil tanpa keluarnya urin, mengalami nyeri dan kejang perut, serta berkurangnya fungsi penglihatan (penglihatan menjadi kabur).

Akibat tekanan darah yang terus meninggi dapat menyebabkan malfungsi pada ginjal, misalnya asupan gizi yang Ibu Hamil konsumsi tak akan pernah sampai pada janin. Akibanya, bayi pun akan lerlahir dengan berat badan yang kuran atau dibawah normal.
Kaki Bengkak Saat Hamil
Preeklampsia biasanya terjadi saat awal kehamilan, namun bisa juga terjadi saat kehamilan memasuki minggu ke-20, trisemester kedua, bahkan delapan minggu pasca melahirkan.

Namun tidak semua wanita dianjurkan untuk melakukan tes kadar protein. Tes tersebut lebih dianjurkan bagi wanita yang pernah mengalami pre-eklampsia pada kehamilan sebelumnya. Namun, ada baiknya jika Anda melakukan tes tersebut di awal kehamilan walaupun Anda belum pernah mengalaminya. Karena semakin awal preeklampsia terdeteksi, maka semakin cepat pula Anda mendapatkan penanganan terbaik selama masa kehamilan.

Demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai penyebab kaki, betis, dan tangan yang sering terjadi pada Ibu Hamil. Hal ini merupakan bagian atau masalah yang sering terjadi pada proses kehamilan di trisemester pertama. (Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil)

Sumber

Related Posts:

0 Response to "Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil"

Post a Comment