Setiap Orang Mempunyai Talent (Bakat) Yang Berbeda

Talent atau Bakat adalah kemampuan terhadap sesuatu yang menunjukkan kemampuan diatas rata – rata yang telah ada pada diri kita secara alamiah dan perlu dilatih untuk mencapai hasil yang maksimal.

Bakat

Potensi diri, kecerdasan, dan kepribadian adalah kualitas yang kita dapatkan melalui proses pertumbuhan sejak kecil hingga dewasa, dan semua potensi itu adalah modal terpenting kita untuk menciptakan kehidupan pribadi maupun profesional yang berkualitas. Potensi inilah yang disebut dengan bakat.

Setiap manusia yang terlahir semuanya pasti mempunyai bakat. Dalam usia pertumbuhan terkadang kita tidak menyadari bakat apa yang kita miliki, sehingga sering disebut dengan bakat terpendam. Saat kita mencoba sesuatu yang baru dan kita mampu melakukannya dengan berhasil diatas rata rata orang lain, disaat itulah kita menyadari kalau kita mempunyai bakat dalam bidang tersebut.

Bakat yang dimiliki oleh setiap manusia mempunyai variasi yang berbeda - beda, faktor keturunan, lingkungan, dan ketekunan adalah hal utama pembentuk bakat. Misalnya, Seorang anak tentara pasti memiliki bakat untuk menjadi tentara seperti orang tuanya (Faktor Keturunan), atau seseorang yang tinggal di lingkungan yang keras, bebas dan tidak terkontrol pasti mempunyai potensi untuk menjadi preman atau pelacur (Faktor Lingkungan), atau seorang anak petani dari kampung yang menempuh pendidikan di pusat kota besar dan bergaul dengan orang - orang terpelajar serta giat dalam menekuni suatu bidang pastilah dia jadi apa yang dia inginkan (Faktor Ketekunan).

Bakat

Hampir tujuh miliar orang yang hidup di dunia ini. Masing-masing dari tujuh miliar orang itu memiliki kualitas dan karakteristik tertentu yang membuat mereka individu yang unik. Sama seperti atribut fisik yang membedakan kita sebagai manusia, kita masing-masing memiliki bakat individu yang dirancang untuk membantu kita tumbuh menjadi orang-orang luar biasa yang telah ditakdirkan.

Karakteristik dan kualitas orang yang berbeda akan menghasilkan talent yang berbeda pula, talent pula lah yang merupakan cikal bakal sebuah profesi pekerjaan yang tersebar di dunia ini, mulai dari profesi pekerjaan yang paling rendah derajatnya seperti pengemis, hingga pekerjaan yang paling tinggi derajatnya seperti CEO sebuah perusahaan besar.

Telent

Karena karakter dan kualitas manusia yang berbeda, maka di dunia ini secara umum terbagi dua jenis bakat yang positif dan negativ. Faktor lingkungan yang keras terkadang menghasilkan bakat dan profesi pekerjaan yang jahat, seperti perampok, pembunuh, preman dan lain lain.

Salah satu cara mengetahui bakat seseorang dapat dilihat dari hobinya, antara hobi dan bakat adalah sesuatu hal yang sangat dekat yang sama - sama muncul dari dalam seseorang, ketika suatu hobi yang disukai ditekuni dan didalaminya maka akan menjadi suatu bakat yang menjadi profesi pekerjaannya. Umumnya kita terkadang jarang sekali mengembangkan hobi menjadi suatu bakat, kita lebih sering memisahkan antara hobi dan bakat sehingga hasilnya akan kurang maksimal.

TelentContohnya seorang anak yang masa kecilnya suka menggunakan ketapel untuk menembak burung, ketika beranjak remaja dia menggunakan senapan angin untuk berburu dihutan, dan di masa dewasa untuk mengasah dan melegalkan hobi serta mengembangkan bakatnya dia bergabung dengan tentara atau polisi, sehingga jadilah dia sebagai pasukan sniper dikesatuannya. Inilah yang disebut profesi pekerjaan yang sesuai dengan hobi & bakatnya dan berkerja dengan tidak terpaksa, sehingga dia akan sangat mencintai pekerjaanya walaupun penghasilannya tidak seberapa dibandingkan dengan profesi pekerjaan lainnya yang tidak dia sukai.

Umumnya banyak profesi pekerjaan yang kita tekuni lebih didasarkan akibat tekanan dari lingkungan, tuntutan keluarga atau membandingkan dengan keberhasilan orang lain, yang terkadang ketika kita jalani belum tentu akan seberhasil orang tersebut, karena kita memang tidak mempunyai bakat dibidang itu, akibatnya kita berkerja setengah hati, terpaksa, merasa tertekan dan tidak merasakan kesenangan dalam berkerja.

Saran saya, "Bekerjalah anda pada profesi yang sesuai dengan hobi dan bakat yang anda miliki, Sehingga anda akan mencintai pekerjaan tersebut tanpa ada paksaan dan tekanan" ... yang pasti profesi pekerjaan yang tidak melawan hukum. 
Enjoy your life ... :-)

Related Posts:

0 Response to "Setiap Orang Mempunyai Talent (Bakat) Yang Berbeda"

Post a Comment