Menghilangkan Stres Dengan Memasak

Memasak Sehat
Anda pastinya sangat menyukai hidangan lezat yang menggugah selera. Namun, jangan hanya menjadi penikmat makanannya saja, cobalah terlibat dalam proses memasaknya. Karena ternyata, aktivitas ini bisa jadi cara ampuh menghilangkan stres dan meningkatkan rasa senang.

Membayangkan persiapan memasak yang melibatkan begitu banyak hal, mulai dari persiapan bahan-bahan, bumbu, hingga peralatan, mungkin membuat banyak orang sudah menyerah terlebih dulu sebelum memulai memasak. Belum lagi kerepotan membereskan dapur yang berantakan setelah selesai memasak. Karena itu, membeli makanan jadi atau cepat saji merupakan hal lebih mudah dilakukan.

Namun cobalah berbagai pertimbangan lain, di luar faktor kesehatan, memasak sendiri makanan yang kita santap juga bisa menjadi terapi untuk menghilangkan stres lho!

Karena aktivitas memasak bisa mengalihkan pikiran dari hal-hal yang memusingkan dan menyalurkan perhatian kepada persiapan membuat hidangan. Aroma nikmat dari makanan yang dimasak tidak hanya menenangkan, tapi juga memberikan rasa kepuasaan bahwa makanan tersebut sudah dipersiapkan dengan baik.

Meningkatkan Kreativitas

Kenapa memasak bisa menenangkan pikiran? Karena memasak memacu kreativitas. Dalam buku Addicted to Stress, Debbie Mandel mengatakan, memasak adalah penghilang stres terbaik karena memasak menjadi jalan untuk mengekspresikan kreativitas.

“Jika stres bisa membuat panca indra Anda mati rasa, memasak bisa mengaktifkannya kembali. Aroma masakan, rasa makanan, menyentuh, melihat penampilan masakan, dan bahkan suara mendesis masakan, merangsang seluruh indra tubuh,” tulis Debbie.

Memasak dan mencoba berbagai resep masakan memberikan ruang bagi Anda untuk mengasah kreativitas. Menghasilkan sebuah hidangan yang lezat membutuhkan kemampuan dalam mengolah bahan-bahan makanan menjadi sesuatu yang baru yang bisa disantap. Dengan sering-sering memasak, berarti Anda juga mengasah kreativitas Anda menjadi lebih baik lagi.

Sementara itu, konsentrasi selama memasak akan membuat pikiran terlepas sejenak dari segala rutinitas yang menjemukan. Untuk mendapatkan rasa nyaman dan menenangkan selama memasak, cobalah untuk merasakan dan menghirup aroma setiap bahan-bahan masakan. Berbelanja bahan masakan yang masih segar juga bisa menjadi bagian mempersiapkan masakan yang membuat hati merasa lebih senang. Anda bisa jalan-jalan sekaligus memilih berbagai bahan makanan segar yang menggoda.

Related Posts:

1 Response to "Menghilangkan Stres Dengan Memasak"

  1. Thanks infonya. Saya juga punya referensi nih cara ampuh untuk mengatasi stres pas akhir pekan. Yuk cek di sini: Atasi stres saat akhir pekan

    ReplyDelete