5 Manfaat Jika Anda Rajin Menulis

Menulis bisa apa saja sesuai dengan keinginan dalam hal apapun, termasuk dalam lingkup kehidupan anda, seperti masalah yang sedang dihadapi, keinginan untuk mengungkapkan sesuatu yang terpendam dan lain sebagainya, semua bisa anda tuangkan dalam bentuk tulisan. 


Apabila menurut Anda kebiasaan menulis adalah kegiatan yang membosankan, dianjurkan untuk berpikir sebaliknya. Faktanya, menulis dapat memberikan banyak keuntungan untuk kehidupan personal Anda.
Berikut adalah Manfaat menulis dari beberapa hasil riset yang telah dilakukan :

Meningkatkan IQ
Terdengar membingungkan mungkin mengapa menulis dapat meningkatkan IQ, tapi sebuah penilitian dari University of Victoria menemukan bahwa membiasakan menulis dapat meningkatkan pengetahuan Anda mengenai bahasa. Anda dapat menemukan pengalaman mengeksplorasi bahasa seperti kata-kata baru. Nah, inilah yang dapat sekaligus meningkatkan IQ Anda.

Membantu Capai Impian
Menulis biasanya berisikan impian dan ambisi Anda. Dengan membiasakan menulis jurnal, otak Anda secara tidak langsung akan memberi sinyal untuk mencapai apa yang Anda tulis. Oleh sebab itu, semakin sering impian dan ambisi Anda tuangkan dalam jurnal, otak Anda semakin bersemangat untuk merealisasikannya.

Sebagai Penyembuh
Ketika Anda merasa memiliki emosi yang tidak dapat diluapkan kepada siapa pun, tulisan dapat menjadi orang tersebut! Berdasarkan yang dilansir dari Writing to Heal, fungsi imun seseorang akan meningkat ketika banyak menulis. Sang penulis, Dr. James Pennebaker juga mengatakan bahwa menuangkan pengalaman dalam tulisan dapat mengurangi stres dan rasa khawatir yang sekaligus membuat kualitas tidur lebih baik.

Menumbuhkan Kedisplinan
Kedisplinan dapat dikembangkan dari kebiasaan menulis karena Anda harus menetapkan waktu untuk rutinitas tersebut. Sebagai seorang yang selalu ingin maju, pastinya Anda ingin tulisan Anda lebih baik dari waktu ke waktu bukan? Nah, disiplin adalah kuncinya.

Memacu Kepercayaan Diri
Menulis tentang pengalaman positif akan membuat otak Anda mengakui segala kemampuan yang Anda miliki. Hal ini juga sekaligus akan melepaskan hormon endorfin dan dopamin yang meningkatkan mood. Dan... Voila! Kepercayaan diri Anda tentu saja akan bertambah

Related Posts:

0 Response to "5 Manfaat Jika Anda Rajin Menulis"

Post a Comment