Hujan Membawa Berkah dan Bencana

Ilustrasi Hujan
Hujan adalah butiran air yang turun dari langit ke bumi. Tanpa adanya hujan bumi ini akan kering kerontang, akan membuat bumi menjadi mati tanpa kehidupan, karena hujan adalah sumber utama awal dari kehidupan makhluk di dunia ini. Hujan sehari dapat menghilangkan kemarau setahun lamanya. Hujan adalah air yang turun dari langit dan air adalah kebutuhan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup dimuka bumi ini. Tumbuhan akan hidup jika cukup air, ikan dan hewan air lainnya juga akan hidup jika ada air, begitu juga dengan manusi, mungkin kalau kita tidak makan tiga hari masih bisa hidup, tapi kalau tidak minum tiga hari pasti akan mati, begitulah pentinngya air bagi kehidupan.


Secara teori salah satu asal usul hujan adalah dari proses penguapan air laut oleh panasnya mata hari, begitu kira kira yang pernah kita pelajari waktu SD dulu di buku RPAL. Namun demikian dalam Al Quran banyak juga dijelaskan tentang Hujan, seperti dalam Surat Al Baqarah ayat 22 :
"Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah buahan sebagai rezeki untuk mu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui"

Faktanya pada musim kemarau yang panjang berbagai macam cara dilakukan untuk menciptkan hujan buatan lokal, walaupun ada yang berhasil namun tidak seperti hujan yang sebenarnya. karena pada hakikatnya Hujan itu adalah pemberian Allah, makan tidaklah heran bagi kaum muslim berdoa kepada Allah dengan melalukan shalat minta hujan (Istisqa) dilapangan terbuka, dan hasilnya pun relatif lebih baik dibandingkan dengan hujan buatan manusia. Mungkin merekan yang membuat hujan buatan adalah golongan orang orang yang tidak percaya bahwa yang menurunkan hujan adalah Allah, mereka bisa menciptakan hujan sendiri.... hahaha..

Hujan memberi kehidupan bagi manusia dan makhluk hidup seperti firman Allah dibawah ini :
"Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahma-Nya (hujan), hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu kami turunkan hujan di daerah itu, maka kami keluarkan dengan sebab hujan itu berbagai macam buah-buahan. seperti itulah kami bangkitkan orang orang yang telah mati, mudah mudahan kamu mengambil pelajaran". (QS. Al- A'Raf : 57)

Hujan selain memberi kehidupan juga dapat menjadi bencana dan itu terjadi ketika umat manusia banyak melakukan kesalahan, baik kesalahan kepada Alam dengan merusak dan tidak menjaga alam ataupun kesalahan dengan Tuhan sebagai pencipta. Seperti firman Allah :
"Apakah mereka  tidak memperhatikan berapa banyak generasi yang telah kami binasakan sebelum mereka, padahal (generasi itu) telah kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, yaitu keteguhan yang belum pernah kami berikan kepadamu, dan kami curahkan hujan yang lebat atas mereka dan kami jadikan sungai sungai mengalir dibawah mereka karena dosa mereka sendiri dan kami ciptakan sesudah mereka generasi yang lain" (QS. Al An'am : 6)

Related Posts:

0 Response to "Hujan Membawa Berkah dan Bencana"

Post a Comment